Tempat Wisata Bali

PEGUNUNGAN TEMPAT WISATA BALI

Tempat wisata bali memang tidak jauh-jauh dari wisata alam. Selain pantai, Bali memiliki gunung yang tidak kalah indah. Bali memang memiliki sejumlah gunung mulai dari Gunung Agung, Gunung Batur, Gunung Catur, Gunung Batukaru, Gunung Abang dan lainnya. Dari sejumlah gunung memang ada dua gunung yang sering dijadikan tempat pendakian untuk melihat matahari terbit. Kedua tempat wisata bali adalah  Gunung Agung, dan Gunung Batur.

Gunung Agung

Gunung  yang berada di ketinggian 3.031 meter di atas permukaan laut ini memang menjadi salah satu lokasi pendakian favorit wisatawan bahkan menjadi yang tertinggi di Bali. Selain itu, Gunung Agung di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem menjadi gunung paling sakral bagi umat Hindu Bali. Umumnya pendaki yang ingin mencapai puncak Gunung Agung akan melewati jalur Besakih yang menjadi lokasi Pura Besakih yang sangat terkenal itu. Tapi sebenarnya, selain jalur Besakih yang ada di bagian barat daya, masih ada dua jalur lain yaituJalur Budakeling  yang ada di tenggara dan Pura Pasar Agung  di selatan.

Jika baru pertama kali mendaki Gunung Agung, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama menganai mata air. Mata air yang ditemukan ketika perjalanan naik dilarang diambil karena mata air tersebut disucikan. Kedua adanya monyet yang berkeliaran. Wisatawan akan menemukan sekumpulan monyet yang berkeliaran  terutama jika di area puncak. Wisatawan sebaiknya tidak mengganggu monyet dengan  memberi makan monyet bahkan membuang sampah sembarangan. Sesampainya di puncak akan terlihat kawah besar yang terkadang mengeluarkan asap, bahkan jika cuaca sedang cerah, wisatawan bisa melihat Gunung Batur bahkan Rinjani dari kejauhan.

Gunung Batur

Gunung  yang berada di ketinggian 1.717 meter di atas permukaan laut ini juga menjadi salah satu lokasi pendakian favorit wisatawan, terutama para pemula. Selain itu, kaldera Gunung Batur yang terbentuk setelah letus dahsyat sekitar 25 ribu tahun lalu ini  sudah ditetapkan sebagai  Global Geopark Network oleh UNESCO. Untuk mencapai puncak Gunung Batur di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli memang ada enam jalur pendakian dari desa-desa disekitar kaki gunung, tapi dua diantaranya menjadi jalur paling terkenal, yaitu Jalur  Pura Jati dan Toya Bungkah, bahkan ada juga jalan beraspal yang bisa digunakan oleh pemula.

Tempat wisata bali yang bisa dilihat dari Gunung Batur antara pemandangan Kawah Batur, Danau Batur, Gunung Agung, lahar yang sudah dingin, Gunung Penulisan, serta  perbukitan yang luas. Bahkan setelah menikmati matahari terbit, wisatawan masih bisa melanjutkan perjalanan ke puncak yang lebih tinggi untuk menikmati demo memasak dengan air panas yang dikeluarkan oleh Gunung Batur.

Gunung Batukaru

Gunung  yang berada di ketinggian 2.276 meter di atas permukaan laut ini memang kurang popular dibandingkan Gunung Agung dan Gunung batur. Padahal gunung di Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan ini adalah gunung tertingggi kedua di Bali setelah Gunung Agung, bahkanmasuk kawasan Cagar Alam Batukaru. Untuk mencapai puncak gunung setidaknya ada empat jalur pendakian yaitu Jalur Sanda dan Wanagiri di bagian selatan, Jatiluwih di tenggara, kemudian Pujungan di barat laut.

tempat wisata bali yang bisa dilihat dari puncak Gunung Batukaru antara lain Pura Puncak Kedaton  yang menjadi pura tertinggi di pulau Bali, kemudian Gunung Agung dan Gunung Rinjani. Tidak hanya itu kawahnya gunung juga memiliki berbentuk yang unik karena menyerupai  batok kelapa yang terbalik. Apakah Anda tertarik mendaki tempat wisata bali tersebut ?

Share Yuk !

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay